Idemitsu
Motor 2 Tak Ngga Pernah Ada Matinya!
Motor 2 Tak Ngga Pernah Ada Matinya!

Setiap orang pasti memiliki pilihan motornya masing-masing, baik itu motor matic, motor sport, atau bahkan motor mewah. Beda orang, pasti berbeda pula preferensinya. Namun demikian, ternyata ada satu jenis motor yang diminati banyak orang dan memiliki fans setia. Apalagi jika bukan motor 2-tak?

Motor 2-tak sendiri merupakan motor populer di tahun 90-an. Motor ini disebut 2-tak karena siklus pembakaran dilakukan dalam dua langkah piston. Berbeda halnya dengan motor 4-tak yang membutuhkan empat langkah piston untuk setiap siklus pembakaran.

Perawatan motor 2-tak tergolong susah-susah gampang. Bila dibandingkan dengan motor 4-tak, jumlah komponen motor 2-tak lebih sedikit dan lebih murah dikarenakan proses pembakaran yang lebih pendek. Akan tetapi, karena proses pembakaran yang pendek ini juga, mesin motor 2-tak menjadi lebih mudah panas dan mudah terdapat endapan kotoran di beberapa bagian motor akibat pembakaran oli samping yang tidak sempurna. Ditambah dengan usia motor 2-tak yang tidak lagi muda, membuat mesin menjadi lebih rewel dan membutuhkan perhatian ekstra. Oleh karenanya, oli samping sangat berperan penting untuk kesehatan motor 2-tak.

Salah satu vlogger otomotif, Den Dimas, baru-baru ini juga ikut kepincut motor 2-tak, Suzuki RGR 150 cc. Untuk urusan oli samping, Den Dimas memilih menggunakan oli samping Idemitsu yang sudah teruji bisa membuat mesin motor 2-tak lebih dingin dan tarikan yang lebih bertenaga. Bagi motor dengan mesin 2-tak, oli samping memang tak bisa dianggap sepele. Sebab salah pilih oli saja bisa berakibat fatal dan bahkan bisa membuat motor mogok.

Mau tau bagaimana pengalaman Den Dimas dalam merawat motor 2-taknya? Simak video ini, Brads:

Satu hal lagi yang harus diperhatikan, merawat motor 2-tak hanya seputar memilih oli samping yang tepat saja. Anda pun harus membersihkan komponennya secara rutin. Disarankan untuk rajin membersihkan kotoran yang ada di pinggiran dan saringan knalpot serta membersihkan bagian karburator. Dengan demikian, motor 2-tak milik Anda pun akan tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Semoga membantu!