Idemitsu
Cara Mudah Ganti Oli Motor dan Mobil. Yuk, Coba Sendiri di Rumah!

Ganti oli motor sebaiknya dilakukan secara rutin tujuannya, supaya mesin sepeda motor tidak cepat aus dan tidak mudah panas ketika digunakan. Tak hanya motor, oli mobil juga wajib diganti secara rutin agar performa mesin mobil tetap terjaga kualitasnya. Ganti oli mobil ataupun oli motor dapat dilakukan setelah oli yang ada pada kendaraan sudah tidak dalam kondisi prima, hal ini dapat diketahui dengan rajin mengecek kondisi dan kuantitas oli pada kendaraan secara berkala.

Selain dibawa ke bengkel, mengganti oli motor dan mobil bisa dilakukan sendiri di rumah khususnya pada saat pandemi seperti sekarang. Berikut caranya:

Mengganti oli motor

Melansir dari otomotif.okezone.com, berikut adalah cara mudah mengganti oli sepeda motor yang bisa dicoba.

  • Parkir motor terlebih dahulu menggunakan standar (penyangga) tengah supaya oli motor terkuras dengan cepat.
  • Kemudian, buka baut pembuangan oli yang terletak di bagian bawah mesin dengan menggunakan kunci pas dan tampung oli yang keluar menggunakan wadah atau baskom. Dan jangan sampai lupa lepaskan saringan oli motor jika ada.
  • Setelah itu, buka baut pengukur pada lubang pengisian oli. Injak kick starter motor berulang kali dengan tujuan supaya tidak ada oli yang tersisa.
  • Selanjutnya, bersihkan saringan atau ganti saringan oli jika sudah kotor. Pasang kembali saringan tersebut dan tutup baut pembuangan olinya.
  • Berikutnya, isi oli baru ke dalam bak mesin motor melalui baut pengukur. Lalu, pasang kembali baut pengukur tersebut.
  • Jika sudah, hidupkan mesin motor dan biarkan stasionernya berputar selama beberapa menit. Matikan mesin motor dan periksa apakah tinggi permukaan oli sudah berada di batas atas. Selesai!

 

Mengganti oli mobil

Sementara itu, jika ingin mengganti oli mobil, maka berikut merupakan cara menggantinya seperti yang dilansir melalui laman lifepal.co.id.

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti oli mobil misalnya kunci pas, wadah atau baskom, dan lainnya.
  • Setelah itu, cek apakah temperatur oli mesin mobil sudah sesuai. Untuk melakukan penggantian oli pada mobil temperatur idealnya adalah hangat. Tujuannya, agar oli mobil lebih mudah dikeluarkan ketika mengganti oli serta kotoran yang menempel bisa ikut terbuang ketika mengeluarkan oli.
  • Selanjutnya, buka kap mesin dan kenop tempat pengisian oli mobil. Lalu, buka baut penguras oli yang terletak di bagian bawah blok mesin menggunakan kunci pas dan jangan lupa lepaskan pula ring oli mobil.
  • Jika sudah, langsung lepaskan komponen filter oli dengan kunci filter oli. Kemudian, kuras oli sampai habis dan jangan sampai lupa taruh wadah untuk menampung oli. Jika mendapati filter oli kotor, maka bisa menggantinya dengan yang baru.
  • Apabila sudah dikuras, pasang kembali baut penguras oli sekaligus ring oli. Serta pasang filter oli mobil dengan hati-hati supaya ulir filter tidak rusak.
  • Lalu, tuang oli baru ke dalam lubang oli yang terletak di mesin bagian atas. Ketika melakukan pengisian oli mobil, maka perhatikan batas maksimal pengisiannya, jangan sampai kurang atau bahkan berlebih.
  • Setelah menuang oli, tutup kembali knop lubang oli, tutup kap mobil, dan langsung panaskan mobil selama kurang lebih 3 menit.

Itulah dia cara mengganti oli motor dan mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!